Cabang-Cabang KeImanan

Di dalam Ash-Shohihain dari hadits Abu Huroiroh rodhiyallaahu ‘anhu, bahwasanya Nabi Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

الإِيمَانُ بِضْعٌ وَسَبْعُونَ شُعْبَةً ، أَعْلاهَا : لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ ، وَأَدْنَاهَا : إِمَاطَةُ الأَذَى عَنِ الطَّرِيقِ ، وَالْحَيَاءُ شُعْبَةٌ مِنَ الإِيمَانِ

“Iman itu ada tujuh puluh sekian cabang, yang paling tinggi adalah ucapan “Laa Ilaaha illallaah”, dan yang paling rendah adalah menyingkirkan gangguan (duri) dari jalan, dan rasa malu adalah salah satu cabang dari iman.” {Diriwayatkan oleh Al-Bukhori, no.9. dan Muslim, no.35,58, dan lafazh adalah (lafazh) miliknya.}

Ini menyatakan dengan jelas bahwasanya IMAN ITU MENCAKUP PERKATAAN-PERKATAAN LISAN, PERBUATAN-PERBUATAN ANGGOTA BADAN, KEYAKINAN-KEYAKINAN, PERILAKU-PERILAKU, MENUNAIKAN HAK-HAK ALLAH, DAN BERBUAT BAIK KEPADA MAKHLUQ-MAKHLUQ ALLAH.

Nabi shollallaahu ‘alayhi wa’alaa aalihi wasallam mengumpulkan di dalam hadits ini antara:
– Yang paling tinggi, dasar, dan pondasinya: Yaitu ucapan “Laa Ilaaha ilallaah” secara keyakinan, ibadah, dan ikhlas kepada Allah.
– Dan antara yang paling rendah darinya: Yaitu menyingkirkan tulang dan duri, dan segala sesuatu yang bisa mengganggu di jalanan.

Apalagi yang berkaitan “ihsan” yang (kedudukannya) lebih tinggi dari hal itu?

Disebutkannya “rasa malu” –wallaahu a’lam- karena dengan rasa malu, iman menjadi hidup, dan karena rasa malu juga hamba meninggalkan setiap perbuatan yang buruk, sebagaimana karena rasa malu juga terwujud setiap akhlaq yang baik.

Dan cabang-cabang ini – yang tersebut di dalam hadits ini- adalah seluruh syari’at-syari’at agama yang zhohir dan yang batin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: